Sabtu, 13 Oktober 2018

Information Retrival & Data Retrival

Assalamu'alaikum wr. wb.

    Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Information Retrival & Data Retrival. Berikut penjelasan beserta contohnya.
     
     Information Retrieval adalah ilmu yang mempelajari prosedur-prosedur dan metode-metode untuk menemukan kembali informasi yang tersimpan dari berbagai sumber (resources) yang relevan atau koleksi sumber informasi yang dicari atau dibutuhkan.
Contoh Information Retrieval :

 

 
Deepdyve.com adalah mesin penelitian yang memungkinkan Anda mengakses konten ahli dari “Deep Web” atau website yang disembunyikan.




      Wikipedia adalah ensiklopedia multibahasa dalam jaringan yang bebas dan terbuka. Disini anda dapat mencari pengetahuan tentang berbagai hal.




      Yahoo mail adalah email yang disediakan oleh perusahaan yahoo. Di yahoo mail anda dapat menemui search engine yang berguna untuk mencari email yang anda terima dan sedang anda butuhkan.




            Google adalah mesin pencari yang paling populer saat ini, dengan google anda dapat mencari berbagai hal yang ingin anda cari.


            Bing adalah mesin pencari web sama seperti google namun bing ini dikembangkan oleh perusahaan Microsoft.

Data Retrieval berarti mendapatkan data dari database seperti ODBMS. Berikut Contoh dari Data Retrieval.

Contoh Data Retrieval :

     

EBSCO adalah website yang menyediakan pencarian database. Disini Anda dapat mencari data tentang kesehatan, sekolah, akademik dll.



            Hollis Harvard adalah sebuah website dari kampus Harvard, USA. Di website ini menyediakan pencarian database seputar perkuliahan yang lengkap, mulai dari psikologi, sosiologi, keteknikan dll.


            Exploit database memungkinkan anda untuk mencari database tentang Eksploitasi, Makalah, dan Shellcode.





            Google scholar adalah mesin pencari web yang dapat diakses secara gratis yang mengindeks teks lengkap atau metadata dari literatur ilmiah.


            Queen’s University adalah kampus yang terletak di Kanada. Dalam websitenya Anda dapat mencari database tentang berbagai subjek terdapat biologi, drama, penghitungan dll.

 Bagaimana cara kerja google melakukan search dari keyword yang Anda masukkan ?
Google mendapatkan informasi dari berbagai lokasi, termasuk:

·       Halaman di Internet,
·       Konten yang dikirim pengguna seperti kiriman pengguna Google Bisnisku dan Maps,
·       Pemindaian buku,
·       Database publik di Internet,
·       dan banyak sumber lainnya.

Namun, halaman ini difokuskan pada halaman di Internet.

Google mengikuti 3 langkah dasar untuk menampilkan hasil dari halaman:

Crawling

Langkah pertama adalah mencari tahu halaman apa yang ada di internet. Tidak ada registry pusat dari semua halaman, jadi Google harus menelusuri halaman baru secara terus-menerus dan menambahkannya ke daftar halaman yang dikenal. Proses penemuan ini disebut crawling.

Beberapa halaman sudah dikenal karena telah di-crawl Google sebelumnya. Halaman lain ditemukan ketika Google mengikuti link dari halaman yang dikenal ke halaman baru. Selain itu, halaman lain ditemukan ketika pemilik situs mengirimkan daftar halaman (peta situs) untuk di-crawl oleh Google. Jika Anda menggunakan host web yang dikelola, seperti Wix atau Blogger, host web tersebut mungkin memberi tahu Google untuk meng-crawl halaman yang diperbarui atau baru yang Anda buat.

Pengindeksan

Setelah halaman ditemukan, Google mencoba memahami berbagai elemen yang ada di halaman tersebut. Proses ini disebut pengindeksan. Google menganalisis konten halaman, gambar katalog, dan file video yang disematkan pada halaman, dan mencoba memahami halaman tersebut. Informasi ini disimpan dalam indeks Google, yaitu database besar yang disimpan dalam banyak komputer.

Penayangan (dan pemberian peringkat) 

      Saat pengguna mengetik kueri, Google mencoba menemukan jawaban yang paling relevan dari indeksnya berdasarkan banyak faktor. Google mencoba menentukan jawaban dengan kualitas tertinggi, dan memperhitungkan pertimbangan lain yang akan memberikan pengalaman pengguna terbaik dan jawaban yang paling tepat, dengan mempertimbangkan hal-hal seperti lokasi, bahasa, dan perangkat pengguna (desktop atau ponsel). Misalnya, jawaban untuk penelusuran "bengkel perbaikan sepeda" bagi pengguna di Paris akan berbeda dengan jawaban bagi pengguna di Hong Kong. Google tidak menerima pembayaran untuk memberi peringkat halaman lebih tinggi, dan pemberian peringkat dilakukan secara terprogram.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar