Selasa, 09 Oktober 2018

Internet of Things (IoT)


Internet of Things

Assalamu'alaikum wr. wb.
Dalam kesempatan kali ini Saya akan mengulas tentang Internet of Things.
   
Internet of Things (IoT) adalah sebuah konsep dimana suatu objek yang memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia atau manusia ke komputer.

Contoh IoT 
     

Latar Belakang
       
SmarTernak merupakan solusi yang dikembangkan DycodeX berupa perangkat manajemen ternak berbasis Internet of Things (IoT) yang diharapkan bisa membantu peternak Indonesia memantau hewan ternak mereka. Perangkat ini didukung Kementerian Pertanian Indonesia

Solusi SmarTernak merupakan perangkat precision livestock farming (PLF). Fitur-fitur yang ditawarkan mencakup fitur pelacakan hewan ternak, mendeteksi aktivitas hewan ternak, estimasi kesehatan hewan ternak, hingga membaca kondisi lingkungan hewan ternak. Data-data tersebut dipancarkan secara real time dan bisa dibantu melalui aplikasi yang ada di perangkat mobile.

Dalam pengembangannya, DycodeX berperan penuh dalam pengembangan sistem dan alat-alat yang digunakan, sementara pemerintah mendukung dalam penyedian lahan untuk uji coba.

SmarTernak bekerja dengan beberapa sensor yang mampu secara langsung mendeteksi aktivitas hewan ternak secara real time. SmarTernak didesain untuk bisa langsung diimplementasikan dengan mengalungkan sensor pada hewan dan memasang koneksi.

Untuk koneksi, SmarTernak menggunakan teknologi LoRa atau yang dikenal sebagai Long Radio. Teknologi ini diklaim lebih ekonomis dibandingkan dengan GSM. Untuk range coverage mengikuti kontur peternakan masing-masing.
Solusi DycodeX ini bisa jadi salah satu solusi berbasis teknologi yang bermanfaat untuk mengoptimalkan peternakan dan menggali lebih jauh potensi dan masalah yang ada di peternakan. Pihak DycodeX sendiri berharap solusi yang mereka rancang ini tidak hanya stok pangan yang bisa diprediksi tetapi juga kesehatan hewan ternak, sehingga para peternak maupun investor bisa mendapat laporan yang lebih lengkap.
Tujuan
            Tujuan dari dibuatnya SmarTernak adalah untuk mempermudah peternak dalam memantau ternak ternaknya.
            Fungsi
            Fungsi dari SmarTernak yaitu melacakan hewan ternak, mendeteksi aktivitas hewan ternak, mengestimasi kesehatan hewan ternak, hingga membaca kondisi lingkungan hewan ternak.
            Sasaran
            Sasaran dari dibuatnya SmarTernak yaitu para peternak.
            SmarTernak dapat mempermudah pekerjaan para peternak dengan mengetahui keadaan hewan ternaknya setiap saat dan barang tersebut sudah dapat didapatkan di dycodex.





Latar Belakang
Amazon memperkenalkan beberapa perangkat pada hari Rabu waktu setempat, satu di antaranya yang menarik perhatian adalah speaker Echo Spot. Dalam hal konsep, Echo Spot ini merupakan versi mungil dari speakerEcho Show yang dirilis oleh Amazon juga di tahun ini. Tapi desain dasarnya mengadopsi garis bundar ala Echo Dot, namun kali ini dengan tambahan layar di bagian tengah.

Ditawarkan seharga $129.99, Amazon Echo Spot mnenghadirkan beberapa fitur dan keunggulan. Perangkat mempunyai empat buah mikrofon yang kehadirannya akan sangat membantu Alexa menangkap input suara yang diberikan oleh pengguna. Perangkat mempunyai layar 2,5 inci yang menampilkan beberapa informasi visual seperti prakiraan cuaca atau jam. Alexa menjadi salah satu fitur tambahan yang menarik, di mana dengannya pengguna dapat memberikan perintah melalui input suara, misalnya memutar musik dari Pandora, Spotify, mengendalikan perangkat pintar di rumah, memesan Uber dan banyak hal keren lainnya.
Perangkat juga mempunyai opsi untuk melakukan panggilan video. Untuk melakukannya, sebuah kamera disematkan tepat di bagian atas layar. Dan jika pengguna butuh alarm, Echo Spot juga bisa jadi tool yang bisa diandalkan. Sedangkan untuk urusan audio yang semestinya merupakan fungsi utamanya, Echo Spot menghadirkan sebuah speaker 2W yang mampu menghasilkan suara nyaring meski dengan wujudnya yang mungil. Tetapi apabila pengguna menginginkan hentakan yang lebih, Amazon sudah menyiapkan sarananya, mereka bisa menghubungkan speaker nirkabel menggunakan Bluetooth atau opsi lebih kuno melalui audio jack 3,5mm.
Tujuan
Tujuan dari dibuatnya Amazon Echo dot adalah untuk kebutuhan tersier pengguna dapat sebagai hiburan dan komunikasi
Fungsi
Mendengarkan music, komunikasi
Sasaran 
untuk produk ini yaitu untuk semua umur
Produk ini sangat simple, mungil dan memiliki fungsi yang lengkap



Latar Belakang

Air minum di gallon habis saat harus menyeduh susu untuk buah hati tentunya akan menghambat aktivitas pembuatan susu. Jika kejadian seperti ini terus berulang, Anda sebaiknya menggunakan Smart Gallon DycodeX di rumah.

Kotak pendeteksi persediaan air minum dalam gallon ini sudah dibekali sebuah sensor aktif yang dapat mendeteksi persediaan air di dalam gallon serta mengecek banyaknya air minum yang tersisa. Sebagai sebuah produk pintar, Smart Gallon didukung oleh aplikasi bernama HomeX yang bisa dioperasikan di smartphone.

Untuk memudahkan Anda mengecek persediaan air, aplikasi ini dibekali sebuah dashboard yang gampang dimengerti informasinya. Ketika air di dalam galon sudah akan habis, Smart Gallon juga akan mengirimkan informasinya melalui SMS atau notifikasi sehingga Anda dapat segera menyiapkan gallon air minum yang baru.

Agar Smart Gallon dapat bekerja, Anda mesti menyambungkannya dengan dispenser. Karena kotak ini tersambung dengan dispenser, bukan dengan air minum, air minum yang ada di dalam gallon akan tetap bersih.

Smart Gallon juga tahu kapan Anda terakhir mengganti air di dalam gallon dan akan menginformasikannya kepada Anda, asisten rumah tangga atau agen penjual air minum langganan. Nomor kontak pengiriman informasi dapat Anda sesuaikan dengan keinginan Anda.

Perangkat ini dapat pula digunakan untuk membantu Anda menghemat pemakaian listrik di rumah. Caranya, dengan mengaktifkan fitur yang dapat mematikan dispenser secara otomatis ketika gallon sudah kosong. Cara lainnya ialah Anda mematikan dispenser secara manual dari jauh, saat lupa mematikannya ketika meninggalkan rumah.

Kelebihan lain dari Smart Gallon terletak pula pada kemampuannya mendeteksi kebiasaan minum para penggunanya. Dengan begitu, mereka bisa mengetahui apakah sudah air yang dikonsumsi sudah sesuai kebutuhan.

Tujuan
Tujuan dibuatnya Smart Gallon adalah untuk mengingatkan pengguna saat galon sudah mau habis.
Fungsi
Fungsi dari Smart Gallon adalah sebagai pengingat saat galon sudah hampir habis.
Sasaran dari dibuatnya Smart Galon adalah untuk Semua yang menggunakan galon untuk air minum.
Kelebihan benda ini mudah digunakan tanpa perangkat keras tambahan.





Latar Belakang
Magic Printer terintegrasi dengan cloud yang dapat melakukan berbagai tugas lain yang lebih cerdas yang tidak dapat dilakukan printer printer pada umumnya. Salah satu tugas tersebut adalah menarik dan memproses data. Hal ini berarti Magic Printer mampu dan siap untuk sepenuhnya terintegrasi dengan aplikasi anda. Selain itu, karena arsitektur berbasis cloud sehingga anda dapat mengekstraknya kapan saja di masa mendatang.
            Integrasi cloud oleh Magic Printer juga memungkinkan menjadikannya perangkat yang dapat berdiri sendiri. Magic printer ini dapat beroperasi dengan sendirinya, tanpa computer atau perangkat tambahan lainnya yang diperlukan.

Tujuan
Tujuan untuk dibuatnya Magic Printer yaitu untuk mempermudah pekerjaan pekerjaan tertentu misal pelayanan dalam restoran dan kafe serta pengiriman kurir.
Fungsi
Menerima pesanan dalam restoran dan kafe
Melakukan transaksi dalam jual beli
Sasaran untuk produk ini yaitu resotran dan kafe serta jasa kurir.
Barangnya simpel, mudah digunakan dan tidak memerlukan perangkat tambahan seperti computer untuk mengoperasikannya.

Latar Belakang
 Nest Protect adalah sebuah alarm untuk mendeteksi asap dan adanya karbon monoksida. Nest Protect ini akan langsung memperingatkan baik melalui dirinya sendiri maupun melalui smartphone anda. Nest Protect telah dirancang ulang dari dalam hingga luarnya. Nest Protect memiliki sensor split-spectrum. Nest Protect juga merupakan alarm rumah pertama yang dapat anda mensenyapkannya dari ponsel tanpa memerlukan perangkat keras tambahan. Dan Nest Protect dapat memberi tahu anda apa yang salah dan bahkan dapat mengingatkan lewat ponsel anda.

Tujuan
Tujuan dibuatnya Nest Protect untuk mengantisipasi dengan tepat dan cepat jika terjadi kebakaran di rumah.
Fungsi
Fungsi dari Nest Protect adalah sebagai tanda peringatan jika terjadi suatu kebakaran di rumah, dan anda mendapatkan peringatan tersebut melalui ponsel anda maupun secara langsung pada Nest Protectnya.
Sasaran
Sasaran dari dibuatnya Nest Protect yaitu untuk semua orang.
Kelebihan dari benda ini yaitu efisien tanpa memerlukan perangkat tambahan dalam penggunaanya namun benda ini dijual dengan harga yang mahal.

           Apakah yang dimaksud dengan data center ?

Data center merupakan fasilitas yang terdiri dari jaringan komputer dan penyimpanan yang digunakan oleh bisnis atau organisasi lain untuk mengatur, memproses, menyimpan, dan menyebarluaskan data dalam jumlah yang besar.

Apakah yang dimaksud dengan teknologi seemless?

Teknologi seemless adalah layanan atau perangkat lunak kombinasi dari sejumlah elemen dan pluralitas entitas memberikan yang berbeda dan dilakukan secara otomatis.

     Contoh inovasi teknologi jaringan untuk revolusi industry 4.0

Contoh inovasi :
1. Perangkat IoT dimana sensor ada dimana-mana.
2. Cloud computing, Dimana Tersedia layanan penyimpan dan pemrosesan data terhubung internet.
3. Aplikasi enterprise yang memiliki kemampuan pemrosesan big data.

Sumber
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar